» » » pabx

pabx

posted in: PABX | 0

Sistem PABX Data Center
PABX atau PBX atau Private Automatic Branch Exchange adalah alat perangkat penyambungan komunikasi telepon atau interpon/intercom yang terletak di sisi pelanggan, misalnya di gedung-gedung perkantoran yang memerlukan percabangan satuan sambungan telepon. Secara umum perangkat PABX terhubung ke penyedia layanan telekomunikasi publik, seperti PTT Telkom.

Ukuran atau parameter PABX dalam kapasitas jumlah jalur telkom yang tersambung ke PABX dan jumlah cabang, mulai yang kapasitas satuan, puluhan, ratusan maupun ribuan cabang. Oleh karena sebuah PABX adalah singkatan dari Private Automatic Branch eXchange. Sehingga sebuah PABX pada dasarnya adalah sebuah sistem telepon yang biasa disebut juga dengan switchboard yang digunakan sebagai sistem telepon internal di kantor.

Secara sederhana Sistem PABX adalah sebahai berikut :
Jadi sistem PABX memiliki beberapa / banyak sambungan kabel yang mengarah pada sebuah switchboard. Makanya mengapa ada istilah “branch” dalam kepanjangan PABX, karena “branch” atau cabang ini mengacu kepada banyaknya sambungan yang dihubungkan ke PABX. Perangkat PABX saat ini merupakan teknologi yang cukup canggih karena bisa digunakan sebagai telepon, fax dan modem, dan bisa sebagai alat komunikasi internal karyawan di sebuah kantor.

Cara kerja PABX :
PABX merupakan perangkat mirip modem yang bertugas sebagai pusat kontrol station. Sehingga, setiap kali ada telepon baru yang masuk, maka telepon tersebut akan di-routing (diarahkan) melalui pusat kontrol station ini. Karena di dalam sistem PABX tersebut telah dimasukan kode tertentu untuk masing-masing nomor telepon di kantor, atau untuk masing-masing extension, maka telepon masuk tersebut akan diarahkan ke tujuan yang tepat dengan menggunakan kode extension tersebut.

Perangkat PABX juga bisa diprogram sehingga akan muncul greeting otomatis setiap kali ada telepon masuk sebelum diarahkan ke tujuan yang bersangkutan. Untuk tujuan fungsi fax saja, kita dapat memprogram sambungan yang melalui pusat kontrol station tersebut menuju ke sebuah mesin fax, dan juga bisa ke berbagai nomor tujuan fax.

Perangkat PABX modern bahkan bisa diprogram dengan sistem komputer untuk melacak setiap telepon masuk dan telepon keluar. Lebih dari itu, sistem pabx ini bahkan bisa diatur siapa saja yang boleh melakukan hubungan telepon ke tujuan tertentu. Perangkat PABX juga ini dapat digunakan untuk mengetahui tujuan penggunaan telepon karyawan yang tidak semestinya.

Sebuah perangkat PABX juga bisa digunakan sebagai Auto Attendant, yaitu fitur pabx yang mengarahkan penelepon masuk ke tujuan tertentu secara otomatis. Fitur pabx ini sangat cocok untuk bisnis skala besar yang selalu menerima telepon masuk dalam jumlah besar setiap harinya dengan si penelpon memasukan kode extension tujuan. Satu lagi kelebihan dari pabx, kita juga bisa melakukan conference call menggunakan PABX.

Apakah Kantor Anda Sudah Dilengkapi PABX?
Jadi PABX masih cukup sangat penting untuk kebutuhan bisnis jaman sekarang, meskipun cukup kena dampak akibat perkembangan email dan whatsapp terutama untuk efisiensi telekomunikasi. Jadi jika berencana memasang sistem PABX di kantor Anda, selalu pastikan dulu skala kebutuhan Anda terlebih dahulu. Anda dapat mengkonsultasikan kebutuhan PABX Anda dan peralatan telekomunikasi kantor lainnya dengan menghubungi PT. Megah Alam.

Dewasa ini, PABX telah mengaplikasikan teknologi Internet Protocol (IP) sehingga disebut IP PABX. IP PABX semakin banyak di gunakan di kantor seiring dengan meningkat nya penggunaan internet.

PABX/PBX adalah Private automatic Branch eXchange, merupakan perangkat keras elektronik telekomunikasi yang berfungsi sebagai pembagi atau pengatur antara bagian internal (extension to extension) dengan eksternal (outgoing dan incoming). PABX digunakan untuk kantor, gedung, rumah tinggal, hotel, dan rumah sakit.

Tipe dan jenis PABX :
1. PABX digital
PABX digital merupakan PABX yang mempunyai output atau extension berupa data digital. Pada PABX jenis ini, data digital diubah dengan menjadi suara dengan perangkat pesawat telepon khusus. Pada tiap-tiap merek PABX digital mempunyai konversi digital yang berbeda-beda. Hal ini lah yang menentukan kwalitas suara dan juga perbedaan harga dari masing-maing PABX digital.

2. PABX analog :
Tipe PABX analog yang memiliki output analog berupa sinyal analog, karena menggunakan sinyal analog maka tidak perlu pesawat telepon khusus untuk merubah sinyal digital ke sinyal analog. Pesawat telepon yang digunakan sama seperti yang digunakan dirumah yang dihubungkan PSTN dalam istilah disebut single line telephone (SLT).

3. PABX Hybrid :
PABX hybrid merupakan gabungan antara dua sistem pabx digital dan pabx analog. PABX hybrid ini mempunyai 4 kabel (2 pasang-1 pasang analog 1 pasang digital) pada setiap keluarannya. PABX hybrid jenis ini masih banyak beredar di pasaran.

4. PABX IP (Internet Protocol PABX) :
PABX IP adalah jenis pabx yang hanya mengunakan protocol IP untuk interkoneksi ke pesawat pesawat telpon untuk menghasilkan suara. PABX IP menggunakan port RJ45 untuk sambungannya. Seiring dengan berkembangnya pemakaian internet di kantor – kantor dan perusahaan, ip pabx mulai marak di gunakan.